Senin, 11 Juni 2012

Sri Getuk 8 Juni 2012

 Melihat geografis daerah Gunung Kidul, siapa menyangka daerah tersebut menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat memukaukan mata dengan segala keindahan yang dimilikinya. Siapa yang menyangka didaerah ini pula terdapat berjejer pantai-pantai yang sangat indah dengan pasir putih dan bebatuan yang bermanfaat sebagai pemecah ombak secara alami, di Gunung Kidul pula terdapat beberapa air terjun yang tak pernah berhenti mengalir, dan beberapa goa-goa yang ada sejak jaman penjajahan.

#kali ini Kaki Tangan Lensa sedikit ingin bercerita pengalaman menyusuri Air Terjun Sri Gethuk (8 Juni 2012)




Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DIY, baru-baru saja menjadi TOP Objek yang menarik perhatian para pelancong domestik ataupun mancanegara. Perjalanan menuju Air terjun Sri Gethuk ini tidaklah begitu melelahkan, hal tersebut di karenakan jalan yang dilalui hampir 100% adalah aspal, batako dan sedikit jalan bebatuan apung yang ada di jajaran jalan perkampungan (bukan jalan provinsi). Alat transportasi pribadi sangat dianjurkan untuk menjangkau lokasi wisata ini, hal tersebut dikarenakan alat transportasi umum masih terbilang jarang menuju lokasi tersebut.

Rute perjalanan yang harus di lalui untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk dari Kota Yogyakarta adalah jl wonosari, setelah menemukan pertigaan Gading berbeloklah ke kanan menuju Playen, dari Playen cari jalur menuju Paliyan dengan jarak kira – kira (-+) 1,5 km setelah itu akan ditemui papan penunjuk arah yang dapat menuntun menuju lokasi.

Sensai perjalanan dari Kota yogyakarta yang hanya ditemani hamburan sawah yang sangat luas dan melewati pohon-pohon jati akan terbayar hampir sesampainya di lokasi, kita akan memalui jalan berdebu dan bebatuan apung yang dapat merubah warna kendaraan menjadi sedikit dekil, namun hal tersebut tak akan menjadi masalah setelah menginjakkan kaki di lokasi.

Saat meniatkan akan melancong ke Air terjun Sri gethuk, saya sarankan jangan lupa membawa baju ganti dan perlengkapan mandi + sholatnya. Bisa di jamin akan menikmati sensai Air terjun yang membasahi ubun-ubun yang pada saat perjalanan sudah sangat panas. 

Retribusi yang ada di Air terjun Sri Gethuk cukup dengan  :
1. Parkir (Rp 1.000,-)
2. Penitipan Barang (Rp 1.000,-)
3. Sampan rakitan yang terbuat dari drum bekas yang sudah di modif cukup untuk 10-15orang (@Rp 7.000,- atau Rp 10.000,- *saya lupa berapa pasnya)
4. Pelampung (bagi yang mau Refting) (Rp 10.000,-)
5. Toilet (Rp 1.000,-)
#retribusi perJuni 2012 loo yaa ^_^ dan Air terjun Sri Gethuk ini apabila musim hujan kapasitas air meningkat








Posting Komentar

Popular Posts