Senin, 08 Desember 2014

House Sampoerna (Musium Pembuatan Rokok Dji Sam Soe)


House Sampoerna


Ciri khas dari kota Surabaya adalah banyaknya bangunan dengan interior belanda, yang masih di pertahankan oleh penduduk sekitar, terbukti banyaknya bangunan (Semacam Toko dengan pintu yang besar) yang sudah tidak terpakai di beberapa sudut kota, itu yang membuat saya menjadikan Surabaya menjadi salah satu lokasi yang harus di kunjungi.

Salah satu bangunan dengan lokasi yang berada di tengah-tengan bangunan belanda adalah Gedung Musium Sampoerna ini, namun menurut sejarahnya pada tahun 1862 fungsi awal dari Bangunan ini sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda, namun pada tahun 1932, bangunan panti asuhan ini di beli oleh oleh Liem Seeng Tee, dan dijadikan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Liem Seeng Tee
Peta distribusi Produk Sampoerna

Lokasi Musium Sampoerna berada di wilayah Surabaya Barat (kota lama), tepatnya di Taman Sampoerna 6 Surabaya 60163. Musium Sampoerna memiliki 3 gedung yang terdiri dari gedung Utama (lokasi pembuatan rokok) gedung cafe, gedung Art Gallery, gedung Rumah Keluarga Sampoerna.

Gedung Utama (Lokasi pembuatan rokok) berisi macam-macam desain gambar sampul rokok itu sendiri dan beberapa desain gambar korek api pada masanya (berasa kembali dimasa dulu). Beberapa koleksi milik Liem juga terpasang di musium ini. 

Desain Gambar Korek Api dari Kayu
Beberapa Desain Gambar Sampul Rokok
Dji Sam Soe


Sampoerna dari beberapa negara
Sampoerna dari beberapa negara
Dji Sam Soe dari masa ke masa
 Koleksi Nasionalis

Koleksi Pribadi Liem
drum band dan marching band

Dilaintai 2 (No Kamera), terdapat kaca besar di mana kita dapat melihat secara langsung alat pembuat rokok tradisional berjejer rapi dan bersih, dan pada ruang tersebut tertulis sangat besar Visi perusahaan, dan beberapa souvenir yang dapat di beli.

Agenda yang ditawarkan di Museum Sampoerna adalah keliling Surabaya gratis yang dikemas dalam acara 'Surabaya Heritage Track'. Untuk jadwal bus yang mengangkut para wisatawan dimulai pada pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB. Agenda ini diadakan Gratis keliling lokasi wisata di Surabaya. (Bisa di Manfaatkan Agenda Semacam ini)

Posting Komentar

Popular Posts