Sabtu, 17 Januari 2015

Candi Abang

Siapa yang tidak tau dengan kata "Candi", dari definisinya saja sudah mengandung arti Bangunan Kuno. Bangunan berarti sesuatu yang berdiri tegak di atas tanah (rumah, kantor, hotel, candi dll). Sedangkan candi pada umunya ada yang berupa bangunan yang terbuat dari bata atau batu (karena dibeberapa daerah ada candi dari bangunan bata "candi tikus, candi bajang dan Candi brahu" atau bangunan batu "candi prambanan, candi borobudur, candi boko"). Namun kali ini candi yang satu ini bukan candi yang berbentuk bangunan yang berdiri tegak di atas tanah, namanya Candi Abang.



Candi Abang berada di desa Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. dengan koordinat 7°48′37″LS 110°28′12″BT / 7,810154°LS 110,470104°BT. Lokasi candi ini tidak jauh dari jalan utama dan jalan (gank) kampung setempat. dari lokasi parkir masih membutuhkan perjalanan jalan kaki sekitar -+ 10 menit perjalanan. Konon bangunan candi tersebut masih terkubur didalam bukit tersebut, dilihat sepintas memang ada bagian-bagian atau posisi bata yang terlihat di sekitar bukit tersebut. tapi entah lah kenapa sampai sekarang candi ini tidak di teliti lebih lanjut. 


Berada di atas bukit candi abang kita sudah dapat melihat sekitar desa yang masih di penuhi oleh persawahan dan masih ada warga yang menggembalakan kambing-kambingnya. 


Halaman yang lapang pun bisa di jadikan lokasi istirahat, karena -+ 10 menit berjalan dari lokasi parkir #LebaySih, bermain keluarga atau sekedar duduk-duduk bercengkrama bersama teman :)


*Karena candi abang merupakan salah satu destinasi yang baru mbumi, belum terdapat warung jajan/lokasi parkir yang luas...
*Saat saya ke lokasi ini, pada musim hujan, jadi rumput-rumputnya masih hijau :)
Posting Komentar

Popular Posts