Selasa, 28 April 2015

Pesona Sederet Gunung dari Gunung KUKUSAN



Ada yang bilang “Enak yah kamu bisa jalan-jalan terus” ... “selalu ada waktu buat jalan-jalan, kalau aku mah belum cuci baju (anak kos), belum ngerjain tugas (anak kuliahan dan anak kantoran), belum ga ada duitnya” ... “iiiihh kamu cik maen mulu kerjanya” ... dan masih banyak perkataan-perkataan yang kadang aku sendiri pun tak mengerti kenapa hal itu bisa terucap dari temen-temen. 

padahal aku mah apa atuh, kuli harian yang kegiatannya sama dengan kalian semua ... yang cuci baju seminggu sekali, seterika seminggu sekali kadang di rapel dua minggu sekali (gegara jalan-jalan) ... yang kudu ngencengin ikat pinggang kalau mau jalan-jalan (dooh keceplosan).

Aaah sudah lah memang pepatah “Rumput Tetangga lebih Hijau dan subur” benar adanya ... cukup yang kekurangannya aku sendiri yang tau :) ... sekarang saatnya kalian menikmati yang sudah tuhan titipkan dari mata hati ku yang terrealisasi dari kamera ku :) (aiiis bahasanya cah).
Dari kukusan 2 sindoro sumbing
Langsung Cus deh Yah ... 
 GUNUNG KUKUSAN 
Gunung Kukusan ini lagi ngehits di awal tahun 2015, secara pesonanya itu loh bisa mengalihan robert pattinson dari ingatan ku. #Aaaah yang namanya alam ga pernah boong (si alam temenku juga ga pernah boong).

Berangkat dari jogja (wirobrajan) pukul -+ 04.30 wib setelah menyelesaikan shalat subuh, sudah pasti jalan raya sangat-sangat lengang dan aku berani memacu kecepatan kendaraan 80 km/jam (biasanya poll sampai 60 km/jam), berasa pembalap yang berusaha mendapakan piala bergilir. #ahakAhakAhak 
Sindoro Sumbingnya dari parkiran motor
Selama perjalanan dari Jogja – pasar godean jalannya masih datar – datar saja, namun setelah melewati jembatan kulon progo (sungai kulon progo) sudah terasa jalan mulai menanjak, naik turun, naik lagi turun lagi dan tiba-tiba nikung tajam, tapi alhamdullilahnya aspalannya masih benar-benar alus (ga kayak di kota, yang tiba-tiba bolong) jadi masih aman buat ngebut (bagi ku 80 km/jam itu sudah kayak terbang).

Alamat Gunung Kukusan berada di Dusun Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. ancer - ancernya
- Dari Kota Yogyakarta (ambil arah Jalan Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng (ambil kanan) – Perempatan Dekso (ambil kiri) – Balai Desa Purwoharjo – Balai Desa Gerbosari – Balai Desa Ngargosari - Pertigaan Plono (Pasar), ambil kanan – Kebun Teh Nglinggo.

Setelah memasuki wilayah kebun teh kulon progo ini benar – benar kerasa yang namanya nanjak, sempat terbersit motor saya si “moteng” keluaran 2006 ga bakalan sanggup melewati perjalanan kali ini, tapi sekuat tenaga gimana caranya (mulai jalan zig – zag dan gas poll jalan lurus terus) dilakukan, atur jarak dengan kendaraan temen yang di depan. Dan alhamdullilah berhasil juga sampai lokasi, sudah bisa di bayangkan kala waktu itu saya boncengan sama temen bakalan kagak kuat lah si moteng naik-naik puncak gunung.
Kebun teh dan hutan pinusnya kelihatan, oh iya didekat tebing itu juga ada bukit ada gazebo juga

Hasil teh desa Nglinggo yang tanpa merk Rp. 6.000 sedang yang bermerk sudah keluaran pabrik lokal Rp. 8.000
Gunung kukusan ini memiliki dua puncak , kukusan 1 dan kukusan 2 . dari parkiran motor sampai puncak kukusan 1 cukup 200 meteran ke kukusan 2 100 meter. Udah kebayang donk baru parkir sudah sampe puncak :)
Ini dua puncak Gunung Kukusan, Kukusan 1 (yang lebih tinggi) dan kukusan 2
Dapat cerita dari ibu-ibu warung, di puncak gunung kukusan 1 ada satu batu besar dengan gagahnya berdiri di situ, sempat di bawa turun oleh warga yang saat itu akan membuka jalur gunung kukusan namun sepaginya batunya udah di atas lagi, di bawa turun lagi, esoknya udah di atas lagi dan akhirnya oleh warga setempat batunya di biarkan saja. (maaf ga ada foto batunya)
puncaknya kukusan 1 tak seluas kukusan 2
 Pemandanyannya di gunung kukusan itu loh yang bikin takjup, dari kiri kekanan berjejer seluruh gunung yang ada di di jawa, mulai dari sindoro sumbing sampai merapi merbabu, aaaah kukusan itu pemandangan yang sangat seksi, keterbatasan lensa ga bisa motoin gunung-gunung yang berjejer :) *maaf keun 

. oooh iya disini ga bisa ngecamp datang pagi langsung cuuus pulang, retribusi Rp. 2.000, kalau belum bayar waktu datangnya, harap membayar setelah akan pulang yaah, itung-itung saling membantu. karena waktu datang pagi hari belum ada penjaga tiketnya :)

Sindoro sumbing dari Kukusan 2
Ini sedikit berjejer gunung-gunungnya
yang nyempil itu kukusan 2
Kukusan 2
ada yang bilang bebatuan itu adalah tambang, tapi tidak tau tambang apa

Tangga turunnya sudah rapi, kalau tangga naik ke kukusan 1 masih berbentuk tanah-tanah biasa

Ada satu spot yang bisa di nikmati pake acara manjat manjat

jreeeeng jreeeeng jreeeeng

Posting Komentar

Popular Posts